Senin, 30 Agustus 2010

Ujian Kehidupan



Ujian biasanya merupakan momen menentukan apakah kita akan naik "kelas" atau tidak. Kebanyakan orang tidak menyukai ujian, demikian juga saya. Tetapi ujian merupakan keharusan bagi setiap siswa untuk menentukan masa depan mereka, apakah mereka akan naik ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak. Hal ini yang menyebabkan pentingnya ujian bagi siswa yang masih menjalani proses pembelajaran di sekolah.

Menariknya, ujian tidak hanya untuk kalangan siswa sekolah saja. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga sering mendapat ujian, yang biasa saya sebut "Ujian Kehidupan". Ujian dalam kehidupan ini bermacam-macam jenisnya, seperti, ujian kesabaran, kerendahan hati, finansial, dsb. Banyak diantara kita mungkin sudah tahu tentang ujian-ujian dalam kehidupan, tetapi pertanyaannya adalah seberapa sering anda lulus ujian tersebut?

Ujian bukan hal yang menyenangkan bagi saya pribadi. Ujian biasa datang di saat-saat kritis, misalnya, kita diposisi dimana kita dikritik dan dicerca oleh orang-orang sekitar kita. Ujian yang kita hadapi dapat bermacam-macam sesuai dengan pribadi kita masing-masing, apabila kita orang yang mudah marah, mungkin ini merupakan ujian emosi kita, tetapi apabila kita orang yang sombong, mungkin ini merupakan ujian kerendahan hati kita, dimana kita harus tetap rendah hati dan melihat keadaan tersebut sebagai pembelajaran/evaluasi diri kita, dan ujian-ujian lainnya. Reaksi kita menentukan siapa kita sebenarnya dan apakah kita lulus ujian tersebut atau tidak. Ketika kita diposisi yang terpojokkan seperti yang diceritakan diatas, dan reaksi yang kita ambil adalah marah, tentunya kita gagal dalam ujian tersebut. Karena ini merupakan ujian, kita akan sering diperhadapkan dengan ujian-ujian (orang-orang sekitar kita yang menyebalkan)seperti demikian, sampai kita berhasil lulus atas ujian ini. Apabila anda lulus dalam ujian kehidupan anda, maka anda akan naik ke "kelas" (tingkat) berikutnya dimana anda akan mendapat masalah yang lebih besar lagi.

Saat saya merenungkan hal ini, saya merasa yakin bahwa memang benar bahwa mungkin Tuhan juga tidak senang memberikan anda ujian kehidupan, tetapi Tuhan harus melakukannya agar anda naik ke tingkat berikutnya. Dengan demikian, Tuhan dapat memakai anda lebih lagi ke tingkat dan masalah yang lebih besar lagi. Masalah bukan merupakan penghalang anda, karena masalah tidak pernah lebih besar lagi, tetapi anda dapat terus menjadi lebih besar seiring kedewasaan pemikiran dan kerohanian anda. Saya berharap kita dapat terus menjadi lebih besar dari masalah yang ada dan mengatasi setiap masalah/ujian yang ada. Maukah anda naik ke tingkat yang lebih tinggi lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar