Sabtu, 09 Oktober 2010

Smart Love part 1



Ya kali ini saya menuliskan sebuah tulisan yang bertemakan "CINTA". Sebenarnya saya bukan pakarnya cinta, tapi karena tulisan ini di request oleh kawan saya bernama Natascha, ya akhirnya berbagi sedikit lah (apa yang sudah saya dapat dari guru saya cak Gus dan Cak Jos :) Jadi, tulisan ini saya persembahkan buat teman-teman yang masih mencari soulmate-nya atau sedang menjalani proses pacaran dengan calon soulmate-nya :

Cinta merupakan suatu perasaan yang didapat melalui sebuah proses. Banyak diantara kita merasakan cinta pada pada pandangan pertama, merasakan cinta setelah 2-3 bulan mengenal (PeDeKaTe), atau bahkan cinta karena merasakan kekosongan dalam hati. Itu semua bukanlah cinta teman-teman ! Kita seringkali menghabiskan waktu kita hanya untuk sebuah kata cinta. Kita malu apabila kita tidak mempunyai pacar/pendamping. Kita merasa kesepian apabila kita tidak mempunyai teman bicara(pacar/apapun). Kita seringkali berusaha mengisi kekosongan hati kita dengan "cinta" yang palsu ! Hanya Tuhanlah yang bisa mengisi kekosongan hati kita. Sebelum saya coba menceritakan lebih lanjut, mari kita belajar mengisi kekosongan hati kita dengan Tuhan. Biarlah kita haus dan lapar akan firman-Nya. Bukan haus akan cinta dan kasih sayang yang fana.

Masa muda merupakan anugerah Tuhan yang jangan kita sia-siakan. Saat kita mengalami masa muda, kita tidak terlalu khawatir memikirkan keluarga, keuangan, pekerjaan, dsb. Disitulah Tuhan ingin kita memaksimalkan kesempatan itu untuk berkarya buat Tuhan lebih lagi. Saat kita sudah memasuki jenjang pernikahan, kita akan jauh lebih sibuk karena kita harus membagi konsentrasi kita dengan keperluan rumah tangga, istri, anak, keuangan, pekerjaan, dsb. Lalu, seberapa banyak waktu kita yang bisa kita persembahkan untuk melayani Tuhan? Tidak lebih banyak bukan?!

Saat kita masih menikmati masa muda (lajang), hendaklah kita berkarya sebebas-bebasnya untuk Tuhan kita Yesus Kristus. Tuhan seringkali memakai anak-anak muda untuk berkarya karena anak muda merupakan ujung tombak masa depan. Lihatlah kemerdekaan bangsa yang diperoleh oleh anak-anak muda, kegerakan rohani yang dimulai oleh anak muda, dan banyak hal besar lainnya yang dikerjakan oleh anak muda. Manfaatkanlah masa muda kita dengan sebaik-baiknya sebelum kita menyesalinya di kemudian hari.

(mari kita masuk lebih jauh lagi - tadi cuman intro)

Seks merupakan hal yang sangat indah. Seks ibarat sebuah kado dari Tuhan yang Tuhan berikan bagi anak-anakNya. Tuhan berikan kado(seks)itu pada hari pernikahan kita. Bayangkan apabila kita adalah anak-anak kecil yang mendapat sebuah kado dan bapa kita mengizinkan kita membuka kado itu tepat pada malam natal. Itu akan menjadi kado terindah saat kita membukanya pada malam natal. Tapi apabila kita telah membuka kado itu sebelum malam natal, saya pastikan kado itu menjadi kado yang biasa-biasa saja pada malam natal anda. Hal ini sama halnya dengan seks, itu akan menjadi hal yang indah apabila anda mau menikmatinya pada harinya(pernikahan). Tetapi akan menjadi suatu hal yang hambar apabila anda telah mengetahui kado itu sebelum harinya tiba(pernikahan).

Seks pranikah bukan hanya berbicara tentang berhubungan seks (intim). Seks pranikah juga berbicara segala macam bentuk kontak fisik yang membuat seseorang "kesetrum" (susah pilih bahasanya). Saat kita bergandengan tangan misalnya, apabila kita sudah "kesetrum" (ada getaran-getaran dalam jiwa), ya itu sudah termasuk berhubungan seks. Berpelukan, ciuman, dan sebagainya merupakan rangkaian dari suatu seks pranikah. Disini saya tidak berbicara boleh dan tidak boleh. Firman Tuhan menjelaskan bahwa

"Segala sesuatu DIPERBOLEHKAN, " benar, TETAPI bukan segala sesuatu BERGUNA. "Segala sesuatu diperbolehkan. "benar, TETAPI bukan segala sesuatu MEMBANGUN."- 1 Korintus 10: 23

Apakah anda perlu memeluk pacar anda saat di mall? Apakah dengan tidak memeluknya dia tidak bisa berjalan? Apakah dengan tidak menciumnya, dia akan pingsan?

Beberapa diantara kita mungkin pernah atau sedang menjalani suatu hubungan. Ingatlah bahwa apa yang kita tabur akan kita tuai. Saat kita menjalani sebuah proses hubungan, janganlah melakukan sesuatu yang berlebihan (seks pranikah). Hargailah pasanganmu dan buatlah komitmen yang jelas bahwa hubungan anda tidak melebihi batas-batas yang anda tentukan demi masa depan anda yang lebih baik. Misalnya anda hanya membatasi bergandengan tangan, tidak lebih ! Ya berjalanlah sesuai dengan batas-batas anda. Jangan membiarkan diri anda ke tempat-tempat yang hanya ada anda dan dia (berdua saja). Kata bang napi, kejahatan terjadi karena ada kesempatan. WASPADALAH ! WASPADALAH !

Waspada juga lah terhadap romantisme. Romantisme ini biasa dilakukan para pria dengan "kata-kata gombalnya". Yang perlu diingat adalah pria tertarik pada hal-hal visual (cewe cantik, dsb), sedangkan wanita tertarik pada hal-hal audio(pendengaran), seperti kata-kata rayuan, dsb. Banyak novel-novel roman atau bahkan film roman yang disukai oleh banyak wanita. Tidak sedikit wanita yang membanding-bandingkan soulmate-nya dengan tokoh roman yang ada di novel/film tersebut. Secara tidak sadar, itu adalah film porno buat wanita ! Kenapa?! Karena tokoh-tokoh yang dibuat dari novel/film tersebut kebanyakan dibuat oleh seorang wanita juga. Itu merupakan FANTASI para wanita. Fantasi itu sendiri sudah merupakan hal yang mustahil dan dibuat sedemikian rupa sehingga membuat wanita menginginkan sosok pria seperti yang ada di novel/film tersebut. Hendaklah kita semakin berhati-hati dalam menerima hal-hal dari media. Jadi, para pria hendaklah kita jangan mengumbar kata-kata gombal secara terus menerus pada lawan jenis karena itu merupakan "apel yang manis bagi mereka(wanita)", sedangkan para wanita janganlah kalian berpakaian yang terlalu minim karena itu adalah "jeruk yang segar bagi mereka(pria)".

Masa lalu yang kelam atau buruk harus anda tuai suatu saat nanti. Kalau anda telah berhubungan jauh (seks pra nikah), boleh anda sesali, tapi jangalah itu menjadi penyesalan seumur hidup anda. Menataplah masa depan dan lakukan yang terbaik selama anda masih bisa. Apapun hasilnya, anda harus menerima karena anda telah menabur. Tetapi apapun itu, berjuanglah dan jangan menyerah. Karena apabila anda berjalan menurut jalan-Nya, siapakah dapat melawan? Apabila anda sedang menjalani cara hubungan yang tidak sehat, berubalah sesuai pembaharuan akal budimu. Apabila anda dalam proses PeDeKaTe, bawalah itu dalam doa dan ajak si "dia" untuk berdoa juga. Apabila anda belum menemukan "si dia", jangan dicari-cari. Nikmati saja masa lajang anda bersama-Nya dan biarlah kamu menyerahkan itu semua dalam Tuhan, semoga saja nanti kamu segera menemukannya hehehe.
Ingat cinta adalah proses, siapa tahu teman sekitar andalah jodoh anda :)

Btw jangan biarkan yang jauh jadi lebih dekat dan yang dekat jadi lebih jauh. Maksudnya, banyak orang yang setelah menjalin suatu hubungan, mereka menjadi jauh dari para teman/sahabatnya, keluarganya, dll. Orang-orang yang sudah dekat dengan kita, merupakan suatu anugerah tersendiri. Mereka adalah orang-orang yang peduli dan mengasihi kita. Janganlah kita menjauhi mereka karena "si dia" (baik secara sadar/tidak sadar, biasanya sih nga sadar). Saya sendiri mengalami dengan teman-teman sekitar saya, yang setelah memiliki pacar, mereka cenderung menjauh dan melupakan suatu pertemanan yang kita bina cukup lama. Bahkan mereka tidak mau mendengarkan saran teman-temannya saat kami (sebagai teman) melihat pacar mereka tidak baik bagi mereka( ada yang selingkuh, hubungan terlalu cepat, dll), mereka malah tidak percaya akan saran teman-temannya yang sudah cukup lama mengenal satu sama lain. Dibutakan oleh cinta dan meninggalkan orang-orang terdekat merupakan suatu cara berhubungan yang tidak sehat.

sebenarnya masih banyak yang harus ditulis, tapi ternyata tangan saya sudah keriting. Semoga bisa bermanfaat. Ditunggu part 2 nya minggu depan :) GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar