Kamis, 01 Juli 2010

Menjadi Seperti Ikan



Beberapa waktu yang lalu di gereja tempat saya beribadah selalu didengarkan tentang visi misi kaum pemuda dari gereja itu sendiri. Visi itu berbunyi "Impacting all generation", yang berarti menjadi dampak bagi semua generasi. Visi ini terus membuat saya berpikir setiap harinya tentang bagaimana saya bisa menjadi dampak bagi semua generasi. Bagaimana menurut anda, cara yang tepat untuk menjadi dampak bagi semua generasi? Saya percaya bahwa ada banyak jalan menuju roma, tetapi tidak semua jalan menuju roma itu efektif dan efisien :)

Satu hal yang ada di pikiran saya adalah untuk bisa menjadi dampak bagi semua generasi maka kita harus BERBEDA dari orang lain. Bayangkan apabila anda berjalan di sebuah peternakan sapi yang berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Tetapi dalam peternakan itu terdapat 1 sapi yang berwarna UNGU. Saya yakin anda akan memfokuskan perhatian pada 1 sapi yang berbeda tersebut. Maksud dari ilustrasi tersebut adalah apabila anda ingin menjadi dampak bagi generasi anda, anda harus berani berbeda. Untuk apa berbeda? Untuk menjadi dampak anda harus menjadi fokus perhatian orang lain terlebih dahulu. Bagaimana anda bisa menjadi dampak bagi orang sekeliling anda apabila anda tidak pernah dilihat?!

Baiklah, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang harus anda lakukan sekarang untuk bisa menjadi "Berbeda" dari orang lain? Anda harus mempunyai "standard" setinggi mungkin. Standard yang saya maksud disini adalah nilai-nilai kehidupan anda. Ini berarti menyangkut bagaimana anda hidup saat ini. Anda bisa memulai dari hal-hal kecil dari setiap aspek kehidupan anda. Contohnya, apabila orang-orang disekitar anda terbiasa membuang sampah sembarangan, apakah anda menjadi sama dengan orang-orang tersebut dengan membuang sampah sembarangan? saat orang-orang tidak mentaati rambu-rambu lalu lintas, apakah anda juga sama dengan mereka? saat orang-orang berbisnis lebih mengutamakan keuntungan daripada kejujuran, apakah anda juga sama? saat orang-orang disekitar anda tidak jujur saat mengerjakan ujian atau pekerjaannya, apakah anda sama dengan mereka?

Saat anda berani berbeda disitu anda akan mulai menjadi fokus perhatian orang-orang disekitar anda dan itu adalah awal dari perjalanan menuju pribadi yang berdampak bagi orang-orang sekitar anda. Menjadi berbeda bukanlah hal yang mudah, saya mengalami cemoohan dan hal-hal yang tidak menyenangkan dari orang-orang sekitar saya, tapi biarlah Tuhan yang melihat ketulusan hati anda. Salah satu teman saya mengikuti tindakan saya setelah sebelumnya mencemooh saya, dan perubahan yang terjadi padanya tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuknya dalam memperhatikan tindakan saya. Jangan fokuskan pada keinginan anda untuk mengubah seseorang disekitar anda, tetapi fokuskan pada tujuan yang jauh lebih besar daripada mengubahkan orang-orang di sekitar anda.

-Seekor ikan yang Hidup selalu berenang melawan arus dan hanya ikan yang Mati yang mengikut arus-

Jangan berjalan menurut apa yang diajarkan oleh dunia dan apa yang menjadi biasa oleh orang dunia, tetapi berjalanlah sesuai kehendak-Nya, yaitu menjadi TERANG di tengah kegelapan dunia ;)

2 komentar:

  1. guilaaa, percaya2 vann
    tmbh sangar ae kmuu.. g nyangka ya km isa ngmg kyk gn klo inget2 kmu duluu hahahaha.. *peace ^^v
    Mantap2

    BalasHapus
  2. hahaha thank you fel....^^
    kenapa aku dulu? keren ya? hehehe :p

    BalasHapus