Minggu, 16 Oktober 2011

Where's The Love ?!




Akhir-akhir ini saya diingatkan kembali dengan arti sebuah kasih. Kita mungkin sering mendengar tentang hal ini. Tetapi entah mengapa, kasih sudah tidak menjadi salah satu hal yang terpenting dalam hidup kita. Kasih terdengar begitu klise dan tidak ada artinya. Kita tahu dan sadar bahwa kita harus mengasihi, tapi entah mengapa, mengasihi menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Seberapa banyak diantara kita yang merasa bahwa kita ini penuh kasih? Adakah dalam hidup Anda seseorang yang tidak anda sukai? yang Anda benci? Kalau memang ada, apakah itu berarti Anda penuh kasih?! saya rasa jawabannya adalah TIDAK. Mungkin beberapa diantara kita tidak memiliki kebencian terhadap orang lain, tetapi, apakah itu berarti Anda penuh kasih?! saya rasa sekali lagi jawabannya adalah TIDAK. Anda mungkin akan bertanya-tanya, mengapa "TIDAK"?! Tidak memiliki orang yang dibenci bukankah itu berarti kita ini penuh kasih?! saya akan membahas sedikit dari apa yang saya dapatkan akhir-akhir ini.

sebelum itu, saya ingin Anda membaca ayat ini dengan seksama, dan cermati setiap kata yang ada dalam firman Tuhan tersebut. Karena ayat ini benar-benar menggugah hati saya selama ini.

Yohanes 4:7-21 :
4:7 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi , sebab kasih itu berasal dari Allah ; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. 4:9 Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. 4:10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. 4:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. 4:12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. 4:13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. 4:14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. 4:15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. 4:16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. 4:17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman 2 , karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini. 4:18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. 4:19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. 4:20 Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 4:21 Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

Banyak diantara kita yang sudah mengakui Tuhan sebagai Juru Selamat, mengasihi sesamanya manusia, mengasihi Tuhan, tetapi mengapa kita takut kalo kiamat? Takut kalo Tuhan datang untuk ke-2 kalinya?! WHY?! Karena kita sebenarnya belum benar-benar hidup dalam kasih. Dimana kasih itu adalah Tuhan. Mungkin kita tidak punya musuh, tetapi apakah kita benar-benar mengasihi orang-orang disekitar kita? Belum tentu. Banyak orang disekitar kita yang belum pernah mendengar berita Keselamatan itu. Banyak orang disekitar kita yang perlu bantuan kita baik dari segi material, doa, ataupun dukungan moral. Tetapi, apakah kita sudah benar-benar melakukan semua itu?! Anda sendiri yang tahu. Saya bukan orang yang sempurna dan telah melakukan semuanya itu. Tetapi saya mau untuk melakukan semuanya itu. Saya membuat berbagai macam perencanaan agar saya bisa benar-benar ada di dalam Kasih. Saya tahu semua hal ini tidak mudah, tetapi saya tahu bahwa semuanya ini berharga untuk diperjuangkan. Saya berharap suatu saat kelak, saya dan Anda para pembaca juga boleh merasakan sukacita yang besar, saat Tuhan datang ke-2 kalinya. Tidak ada rasa takut, melainkan sukacita, karena kita sudah ada di dalam Dia. Kita adalah mempelai wanita, yang menung sang mempelai pria datang. GBU

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Terkadang pula ada sisipan kalimat Barukh seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    Semoga bermanfaat.
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus